Pada posting sebelumnya saya telah menjelaskan sedikit cara koneksi dengan kartu Starone dan Fren (keduanya CDMA), untuk koneksi dengan Telkomsel Flash Unlimited bisa dilihat di sini, sedangkan untuk koneksi dengan AXIS ada di sini. Sebagai alternatif koneksi internet sekarang saya sekarang ingin memberikan tutorial sederhana lain dengan kartu IM3 (GSM Indosat) dan ponsel GSM sebagai modemnya. Di sini saya menggunakan smartphone Nokia E61 dan kabel data CA43 sebagai sarana koneksi. Untuk ponsel lain selain Nokia seperti Sony Ericsson, Samsung, Motorola, dan lainnya pada prinsipnya mempunyai langkah-langkah yang sama dengan tutorial yang ingin saya jelaskan di bawah ini.

Sebelum saya mulai, hal-hal yang harus dipersiapkan adalah koneksi antara PC atau laptop dengan ponsel kita (kabel data beserta drivernya, irda, bluetooth –untuk bluetooth nanti akan diperjelas dalam posting tersendiri-). Untuk ponsel nokia silakan download PC Suite versi terbaru di sini, dengan PC Suite otomatis driver kabel CA43 akan ikut terinstall. Untuk ponsel lain silakan melihat aplikasi pendukung pada buku manual ponsel. Install aplikasi PC Suite di PC atau laptop dan pastikan sudah bisa terkoneksi dengan ponsel Nokia kita.

Selain itu pastikan koneksi internet melalui ponsel sudah bisa berjalan, untuk seting internet di ponsel silakan melakukan seting OTA (Over The Air) dengan menghubungi CS Operator (untuk IM3 hubungi 300 dari ponsel).

Setelah semuanya siap, sekarang kita masuk ke tahap instalasi modem di PC atau laptop.

Pertama, kita masuk ke Control Panel dan pilih ‘Phone and Modem’, kemudian masuk ke tab ‘Modem’, lalu pilih modem GSM yang telah telah terkoneksi (di sini saya menggunakan ponsel Nokia E61).

Setelah modem yang kita gunakan kita pilih, kemudian klik ‘Properties’, dan masuk pada tab ‘Advanced’, dan pada Extra Settings isikan : AT+CGDCONT=1,”IP”,”WWW.INDOSAT-M3.NET”.

Selanjutnya masuk ke tab ‘Diagnostics’ dan lakukan ‘Query Modem’ untuk menguji koneksi dengan modem Nokia E61.

Kemudian masuk tab ‘Modem’ dan pilih Maximum Port Speed sebesar 115200.

Langkah kedua, adalah melakukan koneksi, buat koneksi baru melalui ‘Control Panel’ kemudian pilih ‘Network Connections’ dan pilih ‘Create a new connection’. (untuk lebih jelasnya bisa dilihat di sini (mulai langkah ke tujuh). Perbedaan pada langkah ke 11 yaitu modem yang dipilih adalah modem Nokia E61, dan ISP diisi dengan IM3 (bisa dengan kata lain), pada pada langkah 12 yaitu Dial up Number diisi dengan *99***1#. Untuk username dan password dikosongkan semua.

Selesai. Sekarang tinggal lakukan koneksi internet. Jika berhasil maka di system tray akan muncul notifikasi.